Profil Biodata Budi Gunawan Kapolri Pilihan Jokowi

Nama budi gunawan santer disebut-sebut sebagai calon tunggal kapolri pilihan jokowi. Budi gunawan merupakan orang dekat jokowi. Isu pergantian Kapolri kian panas. Meski Istana pernah membantah adanya rencana tersebut, namun beberapa kabar menyebut Presiden Joko Widodo sudah menunjuk salah satu jenderal di Polri untuk menggantikan Jenderal Sutarman. Lalu, Kapolri seperti apa yang menjadi selera presiden?

Pemilihan seorang Kapolri biasanya melalui beberapa prosedur, salah satunya adalah menggodok nama-nama yang diajukan di Tim Penilaian Akhir (TPA) yang dipimpin Wakil Presiden. Ini juga berlaku untuk memilih pimpinan-pimpinan lembaga setingkat kementrian. Di dalam TPA terdapat beberapa unsur penilai, antara lain Kemenpan RB dan juga BIN.

Itu adalah prosedur ajeg yang selalu diterapkan. Namun, hal itu tentu saja bisa berubah di era kepemimpinan Joko Widodo. Ambil contoh saat pemilihan ajudan atau Komandan Paspampres dimana unsur jenjang karir atau prestasi dikesampingkan. Presiden lebih memilih 'orang dekat' atau yang pernah bekerja dengannya.

Tidak hanya itu, beberapa 'orang dekat' di masa kampanye Jokowi dulu juga masuk dalam lingkaran pemerintahan duduk di beberapa pos-pos pemerintahan. Nah, terkait siapa calon Kapolri selera Jokowi, Politisi PDIP Pramono Anung berkicau siapa calon yang akan memimpin kursi TB 1.

"Twitt yang saya hapus semalam, hari ini suratnya keluar, selamat bertugas di posisi baru sahabatku, menjadi orang pertama #TB1," kicau Pram.

Ada yang menarik ketika Pram, sapaan akrab Pramono, menulis sang calon Kapolri adalah seorang 'Sahabat'. Siapa dia?

Di lingkaran PDIP ada satu jenderal yang tidak asing lagi dengan beberapa politisi Banteng, Komjen Budi Gunawan. Dia saat ini menjabat Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian (Kalemdikpol). Di 2004, Budi Gunawan merupakan mantan Ajudan Presiden Megawati. Ada kesesuaian dengan selera Jokowi dalam memilih beberapa orang untuk pemerintahan yang dipimpinnya, orang dekat atau pernah bekerja bersama.


  • tanggal Lahir 11 Desember 1959 (umur 55)
  • Tempat: Indonesia Surakarta, Jawa Tengah
  • Alma mater Akademi Kepolisian (1983)
  • Agama Islam
  • Pengabdian Indonesia
  • Dinas/cabang MABES POLRI
  • Masa dinas 1983 – Sekarang
  • Pangkat Komisaris Jenderal Polisi
  • Unit Lembaga Pendidikan

Riwayat jabatan

  1. Ajudan Presiden RI Megawati Soekarnoputri (2001-2004)
  2. Karobinkar SSDM Polri (2004-2006)
  3. Kaselapa Lemdiklat Polri (2006-2008)
  4. Kapolda Jambi (2008-2009)
  5. Kadiv Binkum Polri (2009-2010)
  6. Kadiv Propam Polri (2010-2012)
  7. Kapolda Bali (2012)
  8. Kalemdiklat Polri (2012-sekarang)
Komjen Pol. Drs. Budi Gunawan, S.H., MSi., Ph.D. (lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 11 Desember 1959; umur 55 tahun) adalah tokoh kepolisian Indonesia. Saat ini beliau menjabat sebagai Kalemdikpol yang aktif sejak Desember 2012[1]. Dia didapuk sebagai orang nomor satu di Lemdikpol menggantikan Komjen Pol Drs. Oegroseno yg sekarang dipromosikan menjadi Wakapolri.

Budi Gunawan merupakan salah satu perwira intelektual terbaik dan brilian yg dimiliki Polri saat ini, ia merupakan lulusan terbaik Akpol 83 peraih penghargaan Adhi Makayasa yang sangat prestisius, ia selalu tercatat meraih peringkat satu dan lulusan terbaik di setiap pendidikan Polri yg dilaluinya seperti saat sekolah PTIK, SESPIM, SESPATI, LEMHANAS. Oleh sebab itu kariernya mulus karena selalu berkesempatan menduduki sejumlah jabatan penting di Polri. Pada saat berpangkat Komisaris Besar (Kombes) beliau pernah menjabat sebagai Ajudan Presiden RI di masa pemerintahan Megawati Soekarnoputri. 

Setelah itu beliau kemudian sempat tercatat sebagai jenderal termuda di Polri saat dipromosikan naik pangkat bintang satu atau Brigadir Jenderal (Brigjen) dengan jabatan sebagai Kepala Biro Pembinaan Karyawan (Binkar) Mabes Polri, kemudian menjabat Kepala Selapa Polri, lembaga yang menginduk pada Lemdikpol selama 2 tahun, lalu kemudian dipromosikan menjadi Kapolda Jambi yg merupakan Polda tipe B, tak lama kemudian beliau dipromosikan naik pangkat bintang dua atau Inspektur Jenderal (Irjen) dengan jabatan sebagai Kepala Divisi Pembinaan Hukum (Kadiv BinKum), kemudian beliau sempat mutasi dg jabatan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) lalu dipromosikan menjabat di kewilayahan sebagai Kapolda Bali yang merupakan Polda tipe A.Dan akhirnya tak lama kemudian tanda pangkat bintang tiga pun disematkan di pundaknya ketika beliau akhirnya meraih pangkat Komisaris Jenderal (Komjen) ketika dipromosikan dengan jabatan Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol) yang membawahi lembaga-lembaga pendidikan seperti Akademi Kepolisian (Akpol), Sekolah Staf dan Pimpinan Polri (SESPIM), Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), dan lainnya.

Sementara itu, Seskab Andi membenarkan bahwa presiden sudah menunjuk pengganti Jenderal Sutarman, yaitu Komjen Budi Gunawan. Penunjukan itu tersurat dalam Surat bernomor R-01/Pres/01/2015 tersebut tertanggal 9 Januari 2015. Perihal: pemberhentian dan pengangkatan Kapolri.

"Ya, betul," uja‎r Seskab Andi Widjajanto saat dikonfirmasi, Jumat (9/1/2015).

Sumber

Demikianlah informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Profil Biodata Budi Gunawan Kapolri Pilihan Jokowi

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top